Sabtu, 01 Juni 2019

Teknik dan Panduan Membuat Kutipan dengan Citation dan Daftar Pustaka dengan Bibliography

TEKNIK DAN PANDUAN MEMBUAT KUTIPAN DENGAN CITATION DAN DAFTAR PUSTAKA DENGAN BIBLIOGRAPHY
 

A. Citation
          Citation digunakan untuk mengutip sebuah kalimat. Adapun cara untuk melakukan citation ini sebagai berikut:


1. Pada References tab, Citations & Bibliography group, klik tanda panah pada Style.

2. Pilih gaya penulisan, misalnya APA atau MLA.

3. Klik pada bagian di halaman dokumen yang akan disisipkan 
 kutipan.

4. Pada References tab, Citations & Bibliography group, klik Insert Citation.

5. Klik Add New Source untuk membuka kotak dialog Create Source.

6. Pada Type of source, pilih tipe sumber. Misalnya Book, Journal Article, Web site dan sebagainya. Perhatikan kotak isian akan berubah sesuai tipe sumber yang dipilih.

7. Ketik informasi yang diperlukan pada kotak isian. Perhatikan contoh yang muncul di bagian bawah kotak dialog.

8. Pada beberapa bagian seperti Author akan muncul tombol Edit. Klik tombol ini untuk mempermudah menulis nama dan mengatur urutannya.

9. Centang kotak Show All Bibliography Fields untuk menambah data lain.

10. Klik OK bila sudah selesai.

11. Pada dokumen sekarang sudah muncul kutipan yang dibuat. Bila Anda hanya ingin membuat daftar sumber untuk digunakan belakangan, hapus kutipan tersebut pada dokumen.

B. Daftar Pustaka
          Daftar pustaka diperlukan seperti saat menulis jurnal – jurnal ilmiah. Terdapat cara membuat daftar pustaka otomatis, sebagai berikut:


1. Klik tab references lalu pilih Manage Sources.

2. Klik New untuk membuat satu referensi daftar pustaka.

3. Pilih Type of Source apakah referensi Anda berasal dari sebuah artikel, buku, jurnal, website, dan lain-lain seperti yang telah disediakan oleh Word.

4. Type of source yang Anda pilih akan sesuai dengan atribut-atribut yang muncul. Isi masing-masing kolom atribut yang ada terkait pengarang, judul, tahun, kota, penerbit, dan lain-lain. Klik OK setelah selesai.

5. Pada bagian Author terdapat tombol Edit yang dapat digunakan untuk memasukkan nama pengarang yang terdiri dari first, last, dan middle name. Anda bisa menginput nama pengarang lebih dari satu  dengan mengklik Add.

6. Setelah itu, muncul tampilan seperti berikut ini dimana ditampilkan daftar referensi yang telah kita tambahkan sebelumnya.

7. Terdapat beberapa tombol seperti Copy untuk menyalin referensi, Delete untuk menghapus daftar, Edit untuk membuka kotak dialog Create Source terkait referensi yang dipilih dimana Anda dapat mengubah atribut yang tersedia, dan New untuk membuat atau menambah referensi baru. Adapun tombol Copy, Delete, dan Edit bekerja berdasarkan referensi yang dipilih pada Master List.

8. Kemudian, setelah Anda menambahkan semua daftar referensi yang Anda inginkan, langkah selanjutnya adalah dengan menampilkannya ke daftar pustaka pada lembar kerja Anda. Pilih bagian References, klik Bibliography dilanjutkan dengan mengklik Insert Bibliography.



http://sakuonline.blogspot.com/2019/05/kesalahan-fatal-membuat-nama-blog-oleh.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar